Posted in Wawasan

TEKAN SEKARANG! Cara Meledakkan Bisnis Dengan Mengaktifkan Otak Kanan

Cara Meledakkan Bisnis Online Dengan Mengaktifkan Otak Kanan

#Selayang kata untuk kita semua

Sebagian besar orang sudah menggunakan otaknya, namun mengapa mereka tak kunjung kaya? Jawabannya, mereka lebih banyak menggunakan otak kiri daripada otak kanan! Tahukah anda, kunci utama kesuksesan ialah optimalisasi kerja otak kanan? Ya, otak kanan bagaikan tombol percepatan kreativitas dan sakelar menuju kesuksesan dan kejayaan.

Bahkan, fakta menunjukan bahwa 88,8% kesuksesan dan kemenangan ditentukan oleh otak kanan. Salah satu pola pikir otak kanan adalah anda bisa bisa memulai bisnis tanpa modal dan dapat meraup untung selangit, jika anda serius menekuninya, jika anda ingin menjadi raja bisnis yang diakui dunia, maka baca dan praktikkan artikel ini, dengan sejuta kedasyatanya, otak kanan mampu mengantarkan anda menjadi pebisnis ala otak kanan yang sukses.

EDISI #1 Otak Sebagai Hardware Komputer Alami Hayati

Manusia adalah ” komputer Alami Hayati ” yang terdiri dari otak sebagai Hardware-nya dan pikiran serta perasaan sebagai Software-nya. sedangkan hati nurani yang melekat di jantung adalah Operating system-nya, Sedangkan hardisk-nya berupa informasi bawah sadar yang berupa tempat rekaman informasi yang bertempat di seluruh sel tubuh manusia.

Otak manusia sebagai hardware komputer alami hayati merupakan struktur lunak yang dilindungi oleh kerangka berupa tengkorak. Berdasarkan letaknya secara simetris, otak manusia terbagi menjadi dua ruang, yaitu otak kanan (hemisfer kanan) dan otak kiri (hemisfer kiri).

Otak menjadi bagian sentral dari fungsi dasar vital pada manusia. kerusakan pada otak, akan sangat mengganggu aktivitas bagi penderitanya. Otak, merupakan pusat memori, kognitif, emosi dan semua jenis perasaan dan kognisi. kualitas otaklah yang membedakan kulitas individu itu sendiri.

walaupun otak menjadi satu kesatuan yang menyatu, tetapi dapat dibagi menjadi otak kanan dan otak kiri yang mempunyai cara kerja dan fungsi yang berbeda.

  1. Dualisme Otak kiri dan otak kanan

Dualisme otak manusia terefleksi pada otak kita yang terbelah dengan kedua sisinya dalam dua struktur yang berlawanan. perbedaan tersebut diperparah oleh kenyataan bahwa rata-rata orang umumnya memiliki ketidakseimbangan pada dua sisi otaknya.

oleh karena otak kita memfilter kenyataan secara terpisah, maka kita pun cenderung melihat dunia secara mendua yang penuh dengan pertentangan ketimbang melihat dunia dalam kesatuan yang utuh penuh dengan persamaan yang menyenangkan.

Para ilmuan telah menemukan bahwa otak dibagi dalam dua ruang yaitu otak kanan dan otak kiri, kedua belahan otak tersebut ternyata memiliki karakter berfikir yang berbeda. otak kiri memiliki karakter berfikir analitis dan logis, yaitu memahami matematika, angka, logika, dan urutan linier. pola pikir otak kiri cenderung sistematis, runtut penuh pertimbangan, logis, taat asas, serta fokus pada efek dan perbandingan.

dengan kata lain, seseorng yang berfikir ala otak kiri cenderung melogika segala fenomena yang terjadi didalam kehidupannya karena berfikir bahwa segala hal perlu dasar dan sebab yang jelas, serta pertimbangan yang matang.

sedangkan otak kanan mempunyai karakter kemampuan spesial, melukis, seni, bermusik, dan melamun. suatu karya kreatif dan imajinatif merupakan hasil kerja dari otak kanan. pola pikir otak kanan cenderung spontanitas, penuh kebebasan, tanpa aturan, sehingga terkesan pasif dan seadanya. karena berdasarkan emosi dan intuisi, seseorang yang berfikir ala otak kanan berani mengambil keputusan dalam hidupnya dengan cepat.

perbendaan karakter otak kiri dan otak kanan secara rinci meliputi :

# karakter otak kiri

  • proses logis

proses logis otak kiri yaitu mengambil sebagian demi sebagian informasi kemudian menyimpannya secara bersamaan dalam sebuah jawaban yang logis.

  • proses linier

otak kiri memproses informasi dari bagian kecil menuju bagian keseluruhan.

  • proses simbol

otak kiri memproses informasi berdasarkan simbol dan gambar yang berkaitan dengan akademis, seperti huruf, kata dan notasi matematis.

  • proses herbal

otak kiri memproses ide dan pemikiran melalui kata-kata.

  • memproses secara sequential

otak kiri memproses informasi sequential, yaitu secara sistematis dan dalam urutan yang logis, sehingga informasi yang diterima akn diproses secara berurutan dari awal sampai akhir.

  • memproses data berdasarkan realitas

otak kiri lebih memfokuskan perhatiannya pada aturan dan tata cara.

# karakter otak kanan

  • proses nonverbal

otak kanan memproses pikiran melalui ilustrasi

  • proses konkret

otak kanan memproses sesuatu yang bisa dilihat atau diraba (nyata/konkret).

  • proses intuitif

otak kanan memproses informasi berdasarkan perasaan, benar atau salah.

  • proses random

otak kanan memproses infomasi yang diterima tanpa memperhatikan skala prioritas, sehingga sering melompat dari satu tugas ke tugas lainnya.

  • proses holistik

otak kanan memproses informasi dari bagian keseluruhan menuju bagian kecil.

  • proses yang berorientasi menggunakan fantasi

otak kanan mengolah informasi secara kreatif dan melibatkan faktor emosi.

konon, dualisme otak inilah yang menjadikan manusia berfikir serba biner: kanan-kiri, benar-salah, kalah-menang, rugi-laba, besar-kecil, timur-barat, besar-kecil dan seterusnya. meskipun begitu, kedua belahan otak ini bekerja beriringan dan saling mendukung.

2. Perbedaan otak kiri dan otak kanan

Pembagian otak menjadi dua belahan, yaitu otak kiri dan otak kanan merupakan hasil penelitian ilmuwan Roger Sperry dan kawan-kawan yang meneliti peran masing-masing belahan otak (hemisfer) dengan memisahkan kanan dan kiri (split brain). hasil penelitian mereka menunjukan adanya perbedaan fungsi dan tugas antara otak kiri dan otak kanan. otak kiri memiliki fungsi yang berhubungan dengan kemampuan verbal, pemahaman logis, faktual, dan analitis. sedangkan, otak kanan memiliki fungsi yang berkaitan dengan persepsi ruang, musik, kreativitas, dan emosi.

ketika kita memberikan “peta” atau petunjuk arah, otak kanan akan bekerja. selain itu, otak kanan juga menghasilkan kata-kata yang belum sempurna, tetapi memberikan muatan emosi dalam kalimat atau bahasa yang disampaikan. Tanpa bantuan otak kanan, mungkin kita hanya mampu membaca “kucing”, namun tidak mampu membayangkan bentuk kucing tersebut.

penelitian Roger W Sperry, bermula ketika ia melakukan penelitian terhadap orang yang mengalami sakit epilepsi dimana sambungan antara otak kiri dan kanan (corpus collosum) yang diduga oleh Roger Sperry bahwa dengan pemotongan corpus colosum ini mampu meredakan penyakit epilepsi tersebut. Tetapi pemotongan sambungan tersebut mempunyai efek dimana otak kiri dan kanannya tidak dapat bekerja sama, misalkan ia dapat melihat seekor simpanse tetapi tidak dapat menyebutkan namanya.

Berkat upaya yang dilakukan mereka sejak tahun 60-an tersebut dan berkat prestasinya yang cemerlang ini, pada tahun 1981 Roger W. Sprerry dan kawan-kawan dianugerahi hadiah Nobel dalam bidang fisiologi atau kedokteran berkat teorinya tentang “Dual Brain” dan “Hemispheric Specialization“. Selain itu dia juga menemukan bahwa pada saat otak kanan sedang bekerja maka otak kiri cenderung lebih tenang. demikian pula sebaliknya.

Sejak itulah, orang beranggapan bahwa hedua hemisfer mempubyai peranan yang sama pentingnya, walaupun masing-masing fungsinya berbeda bahkan bertentangan.

pembagian otak kanan dan kiri ini berada dalam posisi frontal (menghadap kedepan), bukan bagian belakang, karena posisi anatomis tubuh adalah menghadap kedepan, bukan membelakangi. berikut ini perbedaan fungsi antara otak kanan dan otak kiri.

#Fungsi Otak Kanan

otak kanan adalah otak yang berada di sebelah kanan dalam posisi anatomis (frontal). Fungsi otak kanan adalah sebagai berikut:

  • perkembangan emosi (emotional quotient (EQ))
  • hubungan antar manusia (sosialisasi)
  • fungsi komunikasi (perkembangan bahasa non verbal)
  • perkembangan intuitif
  • seni (menari, melukis, menyanyi dan lain-lain)
  • mengendalikan ekspresi manusia
  • pusat khayalan dan kreatifitas
  • berfikir lateral dan tidak terstruktur
  • tidak memikirkan hal-hal secara detail
  • cara kerjanya long term memory ( memori jangka panjang)
  • lebih ahli dalam menentukan ruang/tempat dan warna
  • bila terjadi kerusakan pada area otak kanan yang terganggu adalah area kemampuan visual dan emosi

 

#Fungsi Otak Kiri

Otak kiri adalah otak yang berada disebelah kiri dalam posisi anatomis (posisi frontal). Fungsi otak kiri adalah sebagai berikut :

  • perkembangan intelegensi (intelligence quotient (IQ))
  • pusat perkembangan logika dan rasio (seperti matematika)
  • berfikir sistematis
  • bahasa verbal
  • berfikir linear dan terstruktur
  • berfikir analisis dan bertahap
  • cara berfikirnya short term memory (memori jangka pendek)
  • jika terjadi gangguan pada otak kiri, maka yang terganggu adalah fungsi berbicara, bahasa dan matematika

Fungsi otak kanan dan otak kiri pada manusia sebenarnya menyatu dalam satu kesatuan fungsi. tetatpi beberapa penelitian menunjukan bahwa, jika otak kiri aktif, maka otak kanan lebih tenang, demikian pula sebaliknya. kerja  otak kanan dan otak kiri sebenarnya saling mendukung, sebagaimana pentingnya fungsi memory jangka pendek dan memori jangka panjang. sehingga tidak bisa dikatakan, otak kanan lebih bagus dari otak kiri, ataupun sebaliknya.

walaupun, pada sebagian orang, terkadang lebih dominan menggunakan area otak tertentu. penggunaan dominasi area otak tertentu bagi individu, yang kemungkinan membedakan minat dan bakatnya.

berikut ini perbedaan minat dan bakat seseorang berdasarkan belahan otak kanan dan otak kiri

=> seseorang yang dominan belahan otak kiri, biasanya akan :

  • memilih sesuatu yang berurutan
  • belajar lebih baik dari bagian-bagian kemudian keseluruhan
  • lebih memilih sistem membaca fonetik
  • menyukai kata-kata simbol dan huruf
  • lebih memilih membaca subyeknya yang berhubungan
  • lebih memilih intruksi yang berurutan secara detail
  • mengalami fokus  internal lebih besar
  • menginginkan struktur dan prediksi

=> seseorang yang dominan belahan otak kiri, biasanya akan :

  • merasa lebih nyaman dengan sesuatu yang acak
  • paling baik belajar dari keseluruhan kemudian bagian-bagian
  • lebih memilih sistem membaca seluruh bahasa
  • menyukai gambar, grafik dan diagram
  • lebih memilih melihat atau mengalami subyeknya lebih dulu
  • mau berbagi informasi tentang hubungan antara segala sesuatu
  • lebih memilih yang spontan, lingkungan belajar yang mengalir
  • mengalami fokus eksternal yang lebih besar
  • menginginkan pendekatan yang tak terbatas, baru dan mengejutkan

Roger W Sperry juga menegaskan bahwa manusia hanya mempunyai satu otak yang terbagi menjadi dua belahan yaitu left hemisphere (belahan kiri) yang merupakan pusat bahasa (verbal) yang menjadi fungsi rasional dan logika, dan Right hemisphere (belahan kanan) yang berfungsi selain dari fungsi verbal yang ada pada otak kiri, seperti: kreatif, irama dll.

kedua belahan otak ini dihubungkan oleh serabut saraf yang disebut corpus collosum yang disebabkan terhubungnya “pesan” antara kedua belahan otak ini. disini Roger W sperry menggunakan istilah hemisphere yang berrti ” belahan”. dan hemisfer disini juga tidak pada keseluruhan dari belahan (hemisfer otak tersebut tapi hanya pada bagian-bagian tertentu dari belahan (hemisfer) otak ini, yang saya istilahkan sebagai folder dari sebuah hardisk otak yang sangat besar seperti folder-folder yang ada pada hardisk komputer.

selama ini manusia bertanggapan bahwa otak manusia adalah asimetris (tidak seimbang). hal ini dikarenakan otak kiri mengontrol bagian disebelah kanan tubuh, dan otak kanan mengontrol bagian tubuh di sebelah kiri, namun berdasarkan penemuan Dr. Laccino, mengatakan bahwa otak kiri “bertanggung jawab” dalam sebagian besar aktivitas, termasuk sisi kanan dan sisi kiri. maka tidak heran bila kita lenih banyak menggunakan tangan kanan, kaki kanan, mata kanan dan lain-lain.

Menurut penelitian, 9 dari 10 manusia memiliki otak kiri yang lebih besar. pusat intelegensi kita yang paling aktif (area wernicle) ada pada otak kiri (area wernicle otak kiri), sedangkan pusat intelegensi pada otak kanan (area wernicle otak kanan) lebih kecil karena sangat jarang digunakan akibat dari fungsi berbahasa yang ada pada otak kiri yang lebih sering digunakan, yang tidak dimiliki otak sebelah kanan. maka secara fisik pun ukuran belahan otak kiri dan kanan tidak benar-benar sama, tergantung otak belahan mana yang lebih aktif.

#Tentang Otak Kiri

pemikiran bahwa otak kiri adalah otak logika, dan otak kanan adalah otak kreatif sudah ketinggalan jaman. kita dapat menjadi sangat kreatif dengan menggunakan tahap-tahap, pola dan variasi yang logis. buku karya Edward de bono tentang “berpikir lateral”, mengingatkan kita bahwa seseorang dapat menggunakan sisi otak kiri untuk menjadi kreatif. selama bertahun-tahun, de Bono melakukan serangkaian proses untuk sampai kepada solusi kreatif melalui metode yang bertahap. Apakah musik itu merupakan aktivitas pada otak kanan?

pikirkan lagi! para peneliti neuroscience menemukan bahwa para musisi memproses musik sampai pada tingkat yang lebih besar di bagian belahan ota kiri, sementara mereka yang bukan musisi memprosesnya lebih pada belahan otak kanan.

seorang seniman merancang karya seni, mereka mengikuti logika dan aturan mereka sendiri tentang bentuk, warna dan suara, karena agar karya mereka dapat diterima orang banyak, harus ada pertimbangan secara logika, detail dan proposional. Agar menghasilkan karya seni yang bagus, harus melibatkan belahan kiri dan kanan secara seimbang.

#Tentang Otak Kanan

Penemuan neuroscience tentang otak kanan, memang memegang peranan dalam hidup kita saat ini, bicara tentang belahan otak kanan, sekolah adalah tempat yang paling banyak disalahkan. Diperkirakan hampir 90% pembelajaran di sekolah dominan pada belahan otak kiri. Maklum saja cara ceramah adalah metode yang paling mudah dilakukan para guru dalam mengajar. Dan itu lebih banyak mengaktifkan otak kiri.

kenapa banyak siswa yang “boring” waktu guru menerangkan? karena otak kiri siswa dipicu unjuk kerjanya. sementara otak kanannya menganggur tanpa aktivitas. Dan aktivitas berlebihan dari organ tubuh dalam hal ini otak menghasilkan metabolik buangan yang lebih banyak yang menyebabkan otak kiri menjadi lebih cepat letih. juga otak kiri yang digunakan secara berlebihan ini, memerlukan nutrisi makanan yang lebih banyak yaitu oksigen dan glukosa.

Hal ini berakibat otak kiri lebih banyak mengambil oksigen dan glukosa tubuh, sehingga otak kanan menjadi kekurangan. karena itulah beberapa siswa melakukan kegiatan saat guru mengajar tersebut menjadi sepertinya kelelahan yang berakibat: melamun, capek, cuek, corat-coret kertas, baca komik, main handphone, jahil sama teman-teman, dll.

ini wujud kompensasi otomatis yang dilakukan oleh otak kanan, yang juga memerlukan nutrisi oksigen dan glukosa. solusinya, guru seharusnya mengajar dengan melibatkan kedua belahan otak. belahan otak kanan perlu dilibatkan juga dalam pembelajaran seperti : tampilan gambar, cerita, gerakan aktivitas kelas, diskusi, musik, film dll.

Advertisements

Author:

EO Internet Marketing Jogja, EO Internet Marketing Jogjakarta, EO Internet Marketing yogyakarta

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.